Ancol Siapkan Pasar Rakyat pada Malam Pergantian Tahun

Jum'at, 19 Desember 2014 - 01:04 WIB
Ancol Siapkan Pasar Rakyat pada Malam Pergantian Tahun
Ancol Siapkan Pasar Rakyat pada Malam Pergantian Tahun
A A A
JAKARTA - Warga DKI Jakarta yang masih belum memiliki rencana untuk merayakan pergantian malam tahun baru 2014-2015 mendatang tidak perlu lagi cemas. Pasar Rakyat akan hadir di Taman Impian Jaya Ancol dengan pesta kembang api di tengah laut.

Direktur Resort dan Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, Teuku Shahrir mengatakan, pada pergantian malam tahun baru 2014-2015 mendatang, pihaknya kembali menggelar acara perayaan pergantian tahun yang berkonsep Pasar Rakyat. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, perayaan kali ini dimeriahkan oleh artis-artis dangdut dan melayu jebolan dari akademi dangdut televisi swasta dan disiarkan langsung oleh dua televisi swasta tersebut.

"Kami juga akan menghadirkan pesta kembang api dari tengah laut seperti di Beijing. Bagi masyarakat yang tidak bisa berkunjung, mereka bisa melihatmya di dua stasiun televisi swasta mulai pukul 20.00—01.00 WIB," ungkap Teuku di Taman Impian Jaya Ancol, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Kamis (18/12/2014).

Teuku menjelaskan, dalam perayaan tahun baru yang digelar di Pantai Carnaval seluas enam hektare itu pihaknya menargetkan pengunjung sebanyak 275.000 jiwa. Mereka hanya mengeluarkan biaya masuk yang sama seperti biasanya yaitu sebesar Rp25.000. Bagi pengendara roda empat dan roda dua, diwajibkan memarkirkan kendaraannya di parkir central Timur kawasan pantai Carnaval dan Barat kawasan Dunia Fantasi. Apabila mereka memarkirkan. kendaraannya di titik yang menganggu lalu lintas, kendaraan mereka nantinya akan diderek.

Sementara untuk pejalan kaki akan dijemput bus wira-wiri di halte pintu masuk barat dan timur untuk sampai ke pantai Carnaval. Bus-bus tersebut juga akan menjemput pengunjung yang memarkirkan kendaraannya di parkir central barat dan timur.

Selain itu, Teuku juga membuka pintu masuk dan loket yang tadinya berjumlah 25 menjadi 125. Bahkan, sistem percetakan tiket diganti dengan sistem digital yang mampu melayanai tiga orang dalam 1 menit. Dengan begitu, ia berharap peristiwa kepadatan lalu lintas memasuki Taman Impian Jaya Ancol tidak lagi terjadi.

"Ada 40 bus, 20 bus di pintu barat dan 20 bus di pintu timur. Bus-bus tersebut akan terus berputar dipintu-pintu masuk. Sementara untuk kendaraan yang terkena derek tidak akan dikenakan biaya," papar dia.

Kebijakan parkir sentral dan penyediaan bus tersebut adalah sosialisasi awal dalam peningkatan pelayanan pengunjung pada 2015 mendatang. Artinya, pada 2015, parkir di Ancol hanya terpusat di timur dan barat. Begitu juga dengan pengoperasian bus-bus tersebut.

"Semuanya itu kami tujukan untuk meningkatkan pelayanang pengunjung. Sehingga pengunjung merasa nyaman ketika masuk ke dalam Ancol. Semua peningkatan pelayanan tersebut kami pastikan tidak mempengaruhi tarif tiket masuk," ujar dia.

Terkait pengamanan, Teuku sudah menyiapkan 1.700 personel kemanananan gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP dan sebagainya dari mulai arus lalu lintas masuk Taman Impian jaya Ancol hingga tempat penyelenggaraan perayaan malam pergantian tahun nanti.

"Kalau petugas kebersihan kami bagi dua shift. Shift pertama ketika malam perayaan berjalan, dan shift kedua mulai pukul 04.00—06.000 WIB. Sehingga pada 1 Januari pukul 07.00 WIB, pengunjung tidak lagi melihat sampah. Namun jumlahnya nanti baru akan dihitung," tutur Teuku.

Sementara itu, presenter kondang Irfan Hakim memprediksi jika acara pergantian malam tahun baru di Ancol nanti akan benar-benar menjadi pesta rakyat seperti apa yang tertuang dalam tema perayaan malam tahun baru tersebut. Sebab, perayaan tersebut dikhususkan untuk musik dangdut dan melayu yang notabene menjadi musik akar rumput warga Jakarta asli. Terlebih perayaan tersebut juga dibarengi dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni.

"Ini adalah perayaan malam tahun baru yang luar biasa. Dari skala area tempat perayaan dan tema yang mengusung musik dangdut tentunya akan menjadikan perayaan ini sesuai dengan temannya, pasar rakyat. Mudah-mudahan dengan musik dangdut kita bisa melewati taun baru dengan aman dan nyaman," papar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7757 seconds (0.1#10.140)